TUGAS, PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Pengertian Limbah

Hasil gambar untuk limbah

Banyak dari kita yang belum pengertian dari limbah itu apa. Sebagian dari kita mungkin sudah familiar dengan kata limbah tapi tidak memahami dengan betul apa itu limbah. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang limbah.

Menurut Wikipedia, limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).

Sedangkan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014, limbah adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan.

Dapat kita simpulkan bahwa limbah adalah sisa/buangan yang dihasilkan dari suatu usaha atau kegiatan. 

Limbah juga memiliki beberapa karakteristik, yaitu:
1. Berukuran mikro
2. Dinamis
3. Berampak luas (penyebarannya)
4. Berdampak jangka panjang

Limbah berdasarkan wujud yang dihasilkan digunakan adalah sebagai berikut:
1. Limbah padat adalah limbah yang berbentuk padat yang mana ada yang mudah terurai seperti limbah organis semisal sampah daun dan limbah padat yang tak mudah terurai seperti plastik, kaca dan sebagainya.
Gambar terkait
2. Limbah cair adalah limbah yang berupa cairan dan biasanya jenis limbah cair ini sangat riskan mencemari lingkungan sehingga dikenal sebagai entitas pencemar air dan tanah. Untuk skala industri limbah cair umumnya terdiri dari bahan buangan padat, bahan buangan organik dan bahan buangan anorganik sisa dari hasil produksi sedang limbah yang biasa dihasilkan oleh rumah tangga / domestik dapat berupa air kotor dari pemakian mandi, cuci dan toilet.
Hasil gambar untuk limbah cair
3. Limbah gas dan partikel merupakan limbah yang biasa terdapat di udara. Untuk kategori limbah ini banyak dihasilkan oleh industri dan pabrik besar. Jenis limbah partikel bisa berupa asap, kabut maupun debu sedang untuk gas apabila kandungannya dalam udara telah melebihi batas maksimum dapat diartikan sebagai limbah suatu missal CO2 yang berlebihan dari hasil pembakaran pabrik dan industri.
Gambar terkait

Sekian post-an blog saya kali ini, semoga dapat menjadi manfaat dan berguna untuk anda dan tugas-tugas anda. Serta kita dapat lebih menghargai lingkungan kita dan tidak sembarangan merusak apa yang telah kita dapatkan dari Tuhan yang adalah alam semesta dan segala yang ada di dalamnya. Terimakasih.
cr.indeedincorrect.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PEMBUATAN ALAT PERAGA FISIKA GERAK PARABOLA PELEMPAR BOLA PINGPONG SEDERHANA

BIODATA MEMBER NCT U

BIODATA MEMBER NCT DREAM