ASAL MULA NAMA BLOG INI!!

Image result for moon animated gif

ASSALAMMUALAIKUM!! Jadi kali ini saya akan membahas tentang asal muasal blog ini terbentuk. Jadi di post an saya pada saat perkenalan, saya sudah menyinggung kalo blog ini dibuat untuk tugas prakarya, nah awalnya saya bingung nama blog ini apa. Dan kebetulan saya suka sama hal yang berbau astronomi, dan benda langit yang paling saya suka yaitu bulan jadi ya saya kepikiran untuk membuat nama blog ini adalah "FAR SIDE OF THE MOON" nama itu sendiri saya dapatkan dari salah satu fakta bahwa bulan memiliki 2 sisi. yaitu, sisi dekat atau sisi terang. dan sisi jauh atau sisi gelap. Nah kedua sisi bulan ini sangat berkebalikan. Jadi pertama saya akan memberitahu pengertian sisi dekat dan sisi jauh bulan menurut wikipedia.

Sisi dekat Bulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Over one lunar month more than half of the Moon's surface can be seen from the surface of the Earth.
Sisi dekat Bulan dalam kurun waktu satu bulan, memperlihatkan efek librasi.
Sisi dekat Bulan merupakan bagian dari Bulan yang secara permanen menghadap ke Bumi. Hanya satu sisi Bulan yang menghadap ke Bumi dikarenakan Bulan berotasi dengan kecepatan yang sama dengan waktunya mengorbit mengitari Bumi. Keadaan ini disebut rotasi sinkron. Bagian Bulan yang selalu membelakangi Bumi adalah sisi jauh Bulan.









Sisi jauh Bulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sisi jauh Bulan difoto oleh Apollo 16.
Sisi jauh Bulan atau kadang disebut sisi gelap Bulan adalah bagian dari Bulan yang secara permanen membelakangi dan tidak terlihat dari Bumi. Sisi ini pertama kali difoto oleh Luna 3 Uni Soviet pada tahun 1959, dan pertama kali dilihat langsung oleh manusia pada misi Apollo 8 Amerika Serikat tahun 1968. Sisi jauh bulan memiliki permukaan yang tidak rata dengan banyak kawah tabrakan, dan memiliki sedikit mare. Sampai saat ini, belum ada penjelajahan darat dilakukan di sisi jauh bulan.




Nah itu adalah pengertian dari sisi jauh dan sisi dekat bulan menurut wikipedia. Jadi, berdasarkan fakta tersebut saya kemudian memberi nama blog ini "FAR SIDE OF THE MOON" atau "SISI JAUH BULAN" saya sangat tertarik sama sisi jauh bulan ini karena ya menurut saya sisi ini sangat gelap dan sepi. Lalu apa yang ada disana? kan di wikipedia bilang kalo disana belum pernah dilakukan penjelajahan darat oleh manusia. Nah karena saya sangat penasaran dengan sisi jauh bulan ini makanya saya memberikan nama itu ke blog ini. Saya berharap orang yang membaca juga akan merasa penasaran dengan isi blog ini dan ingin mencari tahu lebih dalam. Tapi saya engga ingin kalo blog ini jadi sepi dan gelap kaya sisi jauh bulan-___-. Nah kata-kata "a little world between sun and moon" sendiri saya ambil dari fakta bahwa tidak ada yang pernah melihat sisi jauh bulan. Jika tidak ada yang pernah melihat sisi jauh bulan berarti hanya matahari yang pernah melihatnya. Karena kita berada di bumi, otomatis yang terlihat hanya sisi dekat bulan saja. Maka sisi jauh akan selalu menghadap kearah galaksi dan otomatis berhadapan dengan matahari. Maka dari itu saya membuat kata-kata "a little world between sun and moon". saya berfikir karena di sisi jauh bulan sangat misterius maka disana ada sebuah dunia kecil yang mungkin menghubungkan kita ke planet lain *plakk *konspirasi terselubung*. Bisa jadi sisi jauh bulan adalah gerbang menuju planet lain seperti keppler 186f *plakk2 *konspirasi terselubung egen-__-* . Kayanya segini dulu deh, kalo dilanjutin saya takut mikirnya terlalu jauh *hadeh*. See ya in next post!^^ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PEMBUATAN ALAT PERAGA FISIKA GERAK PARABOLA PELEMPAR BOLA PINGPONG SEDERHANA

BIODATA MEMBER NCT U