CONTOH TEKS EKSPLANASI

Supernova (Ledakan Bintang)
Supernova adalah sebuah fenomena ledakan yang dikarnakan Habisnya masa usia suatu bintang, saat bahan bahan nuklir pada inti bintang telah habis, Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan kecemerlangannya bisa mencapai ratusan juta kali cahaya bintang tersebut semula, beberapa minggu atau bulan sebelum suatu bintang mengalami supernova bintang tersebut akan melepaskan energi setara dengan energi matahari yang dilepaskan matahari seumur hidupnya. ledakan ini meruntuhkan sebagian besar material bintang pada kecepatan 30.000 km/s (10% kecepatan cahaya)dan melepaskan gelombang kejut yang mampu memusnahkan medium antarbintang.
Ledakan Supernova akan terjadi bila sebuah bintang mulai kehabisan energi untuk memproduksi cahaya. Namun, tidak semua bintang akan meledak dengan ledakan super dahsyat. Umumnya hanya bintang yang memiliki massa sekitar 15 kali massa Matahari yang memiliki potensi meledak sangat dahsyat. 

Sisa-sisa bintang itu akan kolaps menjadi material yang jauh lebih kecil dengan luas hanya beberapa kilometer tapi dengan kepadatan (densitas) yang sangat ekstrim. Ini adalah Neutron Star. Satu sendok teh material bintang neutron beratnya bisa mencapai seratus juta ton

Selama Supernova bintang itu juga akan mengeluarkan semburan energi maha-dahsyat, Gamma-Ray Burst, yang energinya bisa jadi merupakan ledakan energi paling spektakuler di seluruh alam semesta. Ledakannya hanya berlangsung beberapa detik, tapi energinya sama dengan seluruh energi yang dikeluarkan Matahari selama 10 Milyar tahun

Banyak supernova telah terlihat di galaksi terdekat, peristiwa terjadinya supernova ini relatif langka di galaksi kita sendiri. Yang terakhir dilihat adalah bintang Kepler di tahun 1604. Sisa ini telah dipelajari oleh astronomi banyak satelit X-ray, termasuk Rosat. Namun demikian, banyak sisa-sisa ledakan Supernova di galaksi kita, yang dilihat sebagai shell X-ray seperti struktur yang disebabkan oleh gelombang kejut merambat keluar ke medium antarbintang. Sisa lainnya yang terkenal adalah Nebula Kepiting yang meledak pada tahun 1054. Dalam hal ini pulsar terlihat yang berputar 30 kali per detik dan memancarkan sinar yang berputar (putaran sinar X seperti mercusuar). Sisa supernova dramatis yang lain adalah Cygnus Loop.


Ledakan supernova ini membawa efek yang sangat dahsyat. Karena ledakan ini menghasilkan energi yang sangat besar dan melepaskan gelombang kejut yang sangat dahsyat. Oleh karena it banyak ilmuwan yang ingin mempelajari lebih dalam tentang peristiwa ledakan bintang ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PEMBUATAN ALAT PERAGA FISIKA GERAK PARABOLA PELEMPAR BOLA PINGPONG SEDERHANA

ASAL MULA NAMA BLOG INI!!

BIODATA MEMBER NCT U