TUGAS, PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Pengertian Kerajinan Menurut Para Ahli



Kerajinan adalah cabang seni yang menekankan pada keterampilan tangan lebih tinggi dalam proses pengerjaannnya. Seni kerajinan atau lebih sering disebut dengan seni kriya berasal dari kata 'Kr' dalam bahasa sanksekerta, 'Kr' ini memiliki arti mengerjakan. Dari kata tersebutlah muncul kata karya, kriya dan juga kerja. Seni kerajinan atau seni kriya ini dianggap sebagai seni yang unik dan berkualitas tinggi karena didukuni olehCraftmanship yang tinggi. Hingga kini seni kerjainan terus berkembang dengan pesat dan munculnya berbagai karya baru. Seni kerajinan tumbuh atas desakan kebutuhan praktis dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia berdasarkan pengalaman yang diperoleh disetiap harinya.

Berikut merupakan beberapa pendapat para ahli mengenai kerajinan:

Menurut Kusnadi (1986: 11) pengertian kerajinan yaitu: Kata harfiahnya dilahirkan oleh sifat rajin dari manusia. Dikatakan pula bahwa titik berat penghasilan atau pembuatan seni kerajinan bukan dikarenakan oleh sifat rajin (sebagai lawan dari sifat malas), tetapi lahir dari sifat terampil seseorang dalam menghasilkan suatu produk kerajinan. Keterampilan diperoleh dari pengalaman dan ketekunan dalam bekerja, sehingga dapat meningkatkan tekik penggarapan suatu produk, kualitas kerja seseorang yang akhirnya memiliki keahlian bahkan kemahiran dalam profesi tertentu.

Menurut Wiyadi, dkk (1991: 915) pengertian kerajinan yaitu: Semua kegiatan dalam bidang industri atau pembuatan barang sepenuhnya dikerjakan oleh sfat rajin, terampil, ulet serta kreatif dalam upaya pencapaiannya. 

Menurut Soeprapto (1985: 16) pengertian kerajinan yaitu: Keterampilan tangan yang menhasilkan barang barang bermutu seni, maka dalam prosesnya dibuat dengan rasa keindahan dan dengan ide-ide yang murni sehingga menghasilkan produk yang berkualitas mempunyai bentuk yang indah dan menarik.

Menurut Sumintarsih (dalam Isyanti, dkk 2003: 17) pengertian kerajinan yaitu: budaya bangsa yang telah ada sejak zaman nenek moyang, pada mulanya kerajinan timbul karena adanya dorongan manusia untuk mempertahankan hidupnya, kemudian lama-kelamaan manusia membuat alat-akat kebutuhan sehari-hari seperti alat pertanian, alat untuk berburu dan berperang, peralatan rumah tangga, dan peralatan untuk mengolah makanan. Pada kegiatan kerajinan itu timbul atas desakan kebutuhan praktis dengan menggunakan bahan yang ada dan pengalaman kerja yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari. Sehingga hasil kerajinan itu masih yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan manusia pendukungnya. Kerajinan tersebut membutuhkan modal ketelitian, keuletan, dan mengandalkan keterampilan tangan.
cr.indeedincorrect.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PEMBUATAN ALAT PERAGA FISIKA GERAK PARABOLA PELEMPAR BOLA PINGPONG SEDERHANA

BIODATA MEMBER NCT U

BIODATA MEMBER NCT DREAM