CONTOH PRALAPORAN PEMBUATAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA

PRA LAPORAN PEMBUATAN ALAT PRAKTIKUM AC SEDERHANA (TERMODINAMIKA)




KELOMPOK 1

ALFATIH AKBAR D
DEFARA DHANYA P
FIRAS FAIDA FURTI
HAWA ROUDHOTUL I A
IVO RESKY P
LIANDRY DEA D A
PUTRI PERMATA U A

XI MIA 1



A. JUDUL
AC SEDERHANA (TERMODINAMIKA)

B. LANDASAN TEORI
Mesin  pengondisian  udara  merupakan   suatu  alat  yang  telah  dikenal  sejak  zaman  romawi yg  pada  awalnya  hanya  digunakan  untuk  menjaga  agar  makanan  tetap  dalam  keadaanbaik  dan  tahan  lama  karena  pada  suhu  yg  dingin  maka  penggerakan  pada  bakteri   akan lebih  lambat  sehingga  proses  pembusukan  pada makanan  akan  menjadi  lama .

Pada  awalnya  penduduk  dari  utara  memutus  es  dari  danau – danau  yg  membatu  yg  akan dijual  didaerah  selatan  pada  saat  musim  panas,  tetapi  pada  saat  didaerah  utara  mengalamipenaikan   suhu   udara   maka   mereka   berusaha   untuk   membuat   alat   agar es   itu   dapat bertahan  dengan  membuat  kotak (kulkas)  dalam  bentuk   yg  sederhana .

Pada perkembangannya orang tidak menggunakkan mesin     pendingin dan   untuk mengawetkan  makanan,  tetapi  untuk  memberikan  kenyamanan  pada  manusia  karena  dapat
membuat  suhu  tubuh  yg  stabil  dan dapat  memberikan  kerja  manusia  secara  optimal  karena kenyamanan   keadaan  lingkungan  yg  ada  disekitarnya.

             Mesin pengondisian udara menggunakan konsep Termodinamika. Menurut hukum kedua Termodinamika, panas tidak bisa mengalir secara spontan dari tempat dingin ke tempat yang lebih panas. Untuk mencapai hal ini, diperlukan suatu kerja. Pendingin ruangan akan memindahkan panas dari tempat dingin (indoor) ke tempat panas (outdoor) dengan memanfaatkan hukum ini. Sehingga panas di ruangan dengan suhu 20 °C dapat dipindahkan ke tempat 30 °C misalnya.


          Pertama-tama, refrigerant (atau yang biasa disebut freon) masuk ke Compressor dan dimampatkan. Kemudian, uap mampat ini diembunkan di condenser sehingga menjadi cair. Cairan ini masuk ke katup pengembangan (expansion valve) sehingga tekanannya mendadak berkurang. Ekspansi tiba tiba ini menyebabkan cairan menjadi suatu campuran cairan+uap dengan suhu mendingin tiba-tiba. Campuran uap+cairan ini melewati lekuk-lekuk pengembun (evaporator, bagian yang kita lihat bersekat). Kipas angin akan meniupkan udara di sela-sela evaporator ke dalam ruangan (kamar atau dalam mobil misalnya).       Dengan demikian, udara yang ditiupkan ke dalam ruangan akan mendingin. Uap refrigerant ini masuk kembali ke compressor dan siklus ini berulang.


             Apabila saluran yang keluar dari compressor dan masuk kembali ke compressor tidak bocor, maka benar yang dikatakan orang bahwa freon tidak akan habis.


             Namun, karena saluran tersebut juga mengandung logam yang bisa menyebabkan terjadinya korosi, maka adalah mungkin terjadi kebocoran dalam siklus sehingga refrigerant akan terhambur ke luar. Kekurangan atau ketiadaan refrigerant akan menyebabkan pendingin ruangan tidak bisa bekerja maksimal. Volume yang kurang akan menyebabkan pendinginan juga kurang.


             Inilah mengapa apabila AC tidak dingin kembali, kebanyakan orang akan serta merta berkata bahwa freon ACnya habis. Padahal belum tentu demikian. Bisa jadi karena salah satu komponen tidak bekerja. Misalnya compressor, atau valvenya.Walaupun demikian, menyerahkan peralatan pada ahlinya adalah tindakan yang lebih tepat daripada dioprek sendiri tanpa mempunyai dasar pengetahuan atas apa yang diatasi. Menghirup uap refrigerant kiranya juga bukan tindakan yang bijak.

           

C. TUJUAN
1. Dapat  mengetahui model ac sederhana
2. Mengetahui prinsip kerja AC
3. Untuk menumbuhkan kretifitas dalam pembuatan AC


D. ALAT DAN BAHAN
1. Toples
2. Kipas angina CPU
3. Lakban
4. Es batu
5. Mur


E. CARA KERJA
1. Siapkan  peralatan  percobaan  sesuai  daftar
2. Lubangi  tutup  toples  sesuai  ukuran  mur
3. Pasang  kipas  CPU  di atas tutup toples  yang  telah  di  lubangi
4. Sanggah  dengan  mur
5. Sambungkan   kabel   kipas   CPU    ke     kabel   USB, pastikan   kabel tersebut tersambung
6. Asirkan  bagian  samping  toples  sebanyak  3  lubang
7. Masukan  esbatu  kedalam   toples
8. Sambungkan kabel  USB  ke  laptop  atau  CPU


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PEMBUATAN ALAT PERAGA FISIKA GERAK PARABOLA PELEMPAR BOLA PINGPONG SEDERHANA

ASAL MULA NAMA BLOG INI!!

BIODATA MEMBER NCT U